Apa Itu Kanker

Tubuh terdiri dari ratusan juta sel hidup. Sel-sel tubuh normal tumbuh, membagi dan mati secara teratus. Selama bertahun - tahun awal kehidupan, sel-sel normal membelah lebih cepat untuk memungkinkan orang untuk tumbuh. Setalah menjadi dewasa, sebagian besar sel-sel hanya untuk mengganti membagi sel yang mati atau usang ataupum memperbaiki cedera.
Dimulai ketika sel-sel kanker di bagian tubuh mulai tumbuh diluar kendali. Ada banyak jenis kanker, tetapi mereka semua mulai karena out of kontrol pertumbuhan sel abnormal.

Pertumbuhan sel kanker berbeda dari pertumbuhan sel normal. Daripada mati, sel-sel kanker terus tumbuh dan membentuk baru, sel-sel abnormal. Sel -sel kanker juga dapat menyerang (tumbuh menjadi ) jaringan lain, sesuatu yang sel-sel normal tidak bisa melakukannya. Tumbuh di luar kendali dan menyerang jaringan lain adalah apa yang membuat sel-sel kanker lakukan.

Sel menjadi sel-sel kanker karena kerusakan  pada DNA, DNA dalam setiap sel dan mengarah ke semua tindakan. Dalam sel normal, ketika DNA mengalami kerusakan baik perbaikan kerusakan sel atau sel mati. Dalam sel-sel kanker, DNA yang rusak tidak diperbaiki melainkan sel tidak mati seperti seharusnya. Sebaliknya, sel ini terus membuat sel-sel baru yang tidak dibutuhkan tubuh. Sel-sel baru ini akan memiliki DNA yang rusak yang tidak sama seperti sel pertama.

Orang-orang dapat mewarisi DNA yang rusak, namun sebagian besar kerusakan DNA yang disebabkan oelh kesalahan yang terjadi ketika sel normal mereproduksi atau sesuatu di lingkungan kita. Kadang-kadang penyebab kerusakan DNA adalah sesuatu yang jelas, sperti merokok. Tetapi sering tidak ada penyebab yang jelas ditemukan. Dalam kebanyakan kasus, sel-sel kanker membentuk tumor. Kanker, seperti leukimia jarang membnetuk tumor.Sebaliknya, sel-sel kanker ini melibatkan darah dan organ pembentuk darah beredar melalui jaringan-jaringan lain dimana mereka tumbuh.Sel kanker sering melakukan perjalanan (keliling2 gituuu...) ke bagian lain dari tubuh, di mana meraka mulai tumbuh dan membentuk tumor baru yang menggantikan jaringan normal. Proses ini disebut metastasis. Ini terjadi kerika sel-sel kanker masuk ke pembuluh darah atau kelenjar getah tubuh kita.

Tidak peduli di mana kanker dapat menyebar, selalu nama untuk tempat dimana ia dimulai. Sebagai contoh, kanker payudara yang telah menyebar ke hati masih disebut kanker payudara, tidak kanker hati. Demikian juga, kanker prostat yang menyebar ke tulang adalah kanker prostat metastasis bukan kanker tulang. Berbagai jenis kanker dapat bersikap sangat berbeda. Sebagai contoh, kanker paru-paru dan kanker payudara adalah penyakit yang sangat berbeda. Mereka tumbuh pada tingkat yang berbeda dan merespon pengobatan yang berbeda. Itu sebabnya orang dengan kanker membutuhkan pengobatan khusus menurut jenis kanker mereka.

Tidak semua tumor adalah kanker. Tumor jinak dapat menyebabkan masalah. Mereka dapat tumbh sangat besar dan menekan pada organ dan jaringan yang sehat.Tetapi mereka tidak dapat tumbuh ke dalam ( menginvasi) jaringan lain. Karena mereka tidak bisa menyerang, mereja juga tidak dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh (metastasis). Tumor itu hampir tidak pernah mengancam nyawa.




2 komentar:

Anonim mengatakan...

;;)
oke..

Danang Widi J mengatakan...

terimakasih bro....:)

Posting Komentar